ANALISIS KONTEKS PAI SMP VII SMT GANJIL

ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam

TUJUAN

RANAH KOMPETENSI

SUBTANSI MATERI

IMPLEMETASI DAN PBM (HUB. DG KD)

C

A

P

  1. Menumbuh kembangkan aqidah melalui pemberian, pemupukan dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga mejadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT

  • Menumbuh kembangkan aqidah
  • Mengembangkan pengetahuan
  • Pengamalan, pembiasaan dan pengalaman nilai Agama Islam
  • Meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT
Materi

  1. Al Qur’an Hadits
  2. Aqidah
  1. Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan social serta mengembangkan budaya agama dalam lingkungan sekolah

  • Taat beragama
  • Berakhlak mulia
  • Pintar, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, disiplin dan bertoleransi (tasamuh)
  • Menjaga keharmonisan
Materi

  1. Akhlak
  2. Fiqih
  3. Tarikh Islam

ANALISIS  SKL MATA PELAJARAN

Mata Pelajaran               : Pendidikan Agama Islam

SKL MAPEL

Tingkatan Ranah

Materi Pokok

Penjabaran Pada KD

Ket.

  1. Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf

C3

  • Hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah
  • Hukum bacaan nun mati/ tanwin  dan mim mati
  • Hukum bacaan qalqalah  dan ra
  • Hukum bacaaan Mad dan Waqaf
Kelas VII, 1

Kelas VII, 2

Kelas VIII, 1

Kelas VIII, 2

  1. Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman  mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna

C5

  • Iman kepada Allah
  • 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur)
    • Iman kepada Malaikat Allah
    • Iman kepada kitab-kitab Allah
    • Iman kepada Rasul Allah
    • Iman kepada Hari Kiamat
    • Iman kepada Qadha dan Qadar
Kelas VII, 1

Kelas VII, 1

Kelas VII, 2

Kelas VIII, 1

Kelas VIII, 2

Kelas IX, 1

Kelas IX, 2

  1. Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasawuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah

C3

  • Perilaku terpuji (tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar)
  • Perilaku terpuji (kerja keras, tekun, ulet, dan teliti)
  • Perilaku terpuji (zuhud dan tawakal)
  • Perilaku tercela (ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah)
    • Perilaku terpuji (adab makan dan minum)
    • Perilaku tercela (dendam dan munafik)
    • Perilaku terpuji (qana’ah dan tasamuh)
    • Perilaku tercela (takabur)
Kelas VII, 1

Kelas VII, 2

Kelas VIII, 1

Kelas VIII, 2

Kelas IX, 1

Kelas IX, 1

Kelas IX, 2

Kelas IX, 2

  1. Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat

C1

  • Thaharah (bersuci)
  • Shalat wajib
  • Shalat Berjama’ah
  • Shalat Jama’ dan Qashar
  • Shalat Sunnat Rawatib
Kelas VII,  1

Kelas VII,  1

Kelas VII,  1

Kelas VII,  2

Kelas VIII, 1

  1. Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara

C3

  • Sejarah Nabi Muhammad Saw.
  • Sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dalam Islam
  • Perkembangan Islam di Nusantara
  • Sejarah tradisi Islam Nusantara
Kelas VII,  1, VII, 2, VIII, I

Kelas VIII,  2

Kelas IX,  1

Kelas IX,  2

ANALISIS / PEMETAAN SK-KD

Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Islam

Kelas                                 : VII (Tujuh)

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Tingkatan Ranah KD

Indikator Pencapaian

Tingkatan Ranah IPK

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

1

2

3

4

5

Al-Qur’an

1.Menerapkan Hukum bacaan ”Al”   Syamsiyahdan ”Al”Qomariyah

Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah

C2

  1. Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al”  Syamsiyah

C2

Hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah

 …..Menit

  1. Menyebutkan contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah

C1

…..Menit

  1. Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah

C2

…..Menit

  1. Menunjukkan contoh-contoh hukum bacaan “Al” Qamariyah

C1

…..Menit

Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah

C2

  1. Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah.

C1

…..Menit

  1. Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Qamariyah

C1

…..Menit

  1. Membandingkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah

C2

…..Menit

Menerapkan bacaan bacaan ”Al”  Syamsiyah dan ”Al” Qomariyah dalam  bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar

C3

  1. Menelaah hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha.

C2

…..Menit

  1. Menelaah hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat.

C2

…..Menit

 

Aqidah

2.Meningkatkan keimanan kepada  Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya

2.1  Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang Berkaitan dengan sifat-sifat Allah

C1

  1. Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud).

C1

Iman kepada Allah

…..Menit

  1. Membaca ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’, Mukhalafatu

C1

…..Menit

  1. Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam).

C1

…..Menit

2.2  Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an Yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT

C1

  1. Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud).

C1

…..Menit

  1. Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’, Mukhalafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).

C1

…..Menit

3.  Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam).

C1

…..Menit

2.3  Menunjukkan tanda-tanda adanya  Allah SWT

C1

  1. Menjelaskan pengertian iman kepada Allah.

C2

…..Menit

  1. Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta.

C1

…..Menit

  1. Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya.

C1

…..Menit

  1. Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui dalil naqli.

C1

…..Menit

2.4  Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT

C4

  1. Menyerahkan diri kepada Allah dengan cara bertawakkal.

C3

…..Menit

  1. Belajar giat untuk mendapatkan nikmat dan karunia Allah.

C3

…..Menit

  1. Berbuat baik terhadap sesamanya dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi.

C3

…..Menit

3.   Memahami Asmaul Husna 3.1  Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an   yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna

C1

  1. Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur).

C1

10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur)

…..Menit

  1. Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur).

C1

…..Menit

3.2  Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul     Husna

C3

  1. Menjelaskan pengertian Asmaul Husna.

C2

…..Menit

  1. Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan keluarga.

C3

…..Menit

  1. Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan sekolah.

C3

…..Menit

  1. Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan masyarakat.

C3

…..Menit

Akhlak

4.Membiasakan perilaku terpuji

 

 

Menjelaskan pengertian tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar

C2

  1. Menjelaskan pengertian tawadlu dan menunjukkan dalil naqlinya.

C2

Perilaku terpuji (tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar)

…..Menit

  1. Menjelaskan pengertian taat dan menunjukkan dalil naqlinya.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan pengertian qana’ah dan menunjukkan dalil naqlinya.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan pengertian sabar dan menunjukkan dalil naqlinya.

C2

…..Menit

Menampilkan contoh-contoh perilaku   tawadhu,ta’at, qana’ah dan

C3

  1. Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu.

C3

…..Menit

  1. Menampilkan contoh-contoh perilaku taat.

C3

…..Menit

  1. Menampilkan contoh-contoh perilaku qana’ah.

C3

…..Menit

  1. Menampilkan contoh-contoh perilaku sabar.

C3

…..Menit

Membiasakan perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar

C3

  1. Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan keluarga.

C3

…..Menit
  1. Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan sekolah.

C3

…..Menit
  1. Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan masyarakat.

C3

…..Menit
Fiqih

5.  Memahami ketentuan –

ketentuan thaharah (bersuci)

 

5.1    Menjelaskan ketentuan –ketentuan mandi wajib

C2

  1. Menjelaskan pengertian wudlu dan dasar hukumnya.

C2

Thaharah (bersuci)

…..Menit

  1. Menjelaskan pengertian tayammum dan dasar hukumnya.

C2

…..Menit

  1. Menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudlu dan tayammum.

C1

…..Menit

  1. Menjelaskan tatacara wudlu dan tayammum.

C2

…..Menit

  1. Mempraktikkan wudlu dan tayammum di sekolah.

C3

…..Menit

  1. Menyebutkan perbedaan antara wudlu dan tayammum.

C1

…..Menit

5.2    Menjelaskan perbedaan hadas dan najis

C2

  1. Menjelaskan pengertian mandi wajib dan dasar hukumnya.

C2

…..Menit

  1. Menyebutkan hal-hal yang menyebabkan mandi wajib.

C1

…..Menit

  1. Menjelaskan tatacara mandi wajib.

C2

…..Menit

  1. Mendemonstrasikan mandi wajib secara singkat.

C2

…..Menit

5.3  Menjelaskan perbedaan hadas dan najis.

C2

  1. Menjelasakan pengertian hadas dan najis serta menunjukkan dasar hukumnya.

C2

…..Menit

  1. Menyebutkan macam-macam hadas dan cara mensucikannya.

C1

…..Menit

  1. Menyebutkan macam-macam najis dan cara mensucikannya.

C1

…..Menit

  1. Menyebutkan perbedaan antara hadas dan najis.

C1

…..Menit

6.   Memahami tatacara shalat   6.1    Menjelaskan ketentuan –ketentuan shalat wajib

C2

  1. Menjelaskan pengertian shalat wajib dan dasar hukumnya.

C2

Shalat wajib

…..Menit

  1. Menyebutkan syarat-syarat shalat.

C1

…..Menit

  1. Menyebutkan rukun-rukun shalat.

C1

…..Menit

  1. Menyebutkan sunnah-sunnah shalat.

C1

…..Menit

  1. Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat.

C1

…..Menit

6.2    Memperaktikkan shalat wajib

C3

  1. Menjelaskan tatacara shalat wajib secara berurutan (tertib).

C2

…..Menit

  1. Menyebutkan bacaan-bacaan shalat yang pokok.

C1

…..Menit

  1. Memperagakan bagian-bagian dari gerakan shalat.

C2

…..Menit

  1. Mempraktikkan shalat wajib secara benar.

C3

…..Menit

7.  Memahami tatacara shalat jamaah dan munfarid (sendiri) 7.1   Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid

C2

  1. Menjelaskan pengertian shalat berjamaah dan dasar hukumnya.

C2

Shalat Berjama’ah

…..Menit

  1. Menjelaskan pengertian shalat munfarid.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan keutamaah shalat berjama’ah atas shalat munfarid.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan halangan-halangan shalat berjama’ah.

C2

…..Menit

7.2   Memperaktikkan shalat jama’ah dan  shalat munfarid

C3

  1. Menjelaskan tatacara shalat berjama’ah.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan tatacara shalat munfarid.

C2

…..Menit

  1. Mempraktikkan shalat berjama’ah di sekolah.

C3

…..Menit

  1. Mempraktikkan shalat munfarid di sekolah.

C2

…..Menit

Tarikh dan kebudayaanIslam

8.  Memahami sejarah Nabi

Muhammad SAW

8.1   Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW

C2

  1. Menjelaskan berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw.

C2

Sejarah Nabi Muhammad Saw.

…..Menit

  1. Menjelaskan sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad Saw. mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Makkah.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Madinah.

C2

…..Menit

8.2   Menjelaskan misi nabi Muhammad  untuk semua manusia dan bangsa

C2

  1. Menjelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad Saw. khusus untuk umat Islam.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan bangsa.

C2

…..Menit

Al-Qur’an

9.  Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati

9.1    Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati

C2

  1. Menjelaskan pengertian nun mati/tanwin.

C2

Hukum bacaan nun mati/ tanwin  dan mim mati

…..Menit

  1. Menjelaskan pengertian mim mati.

C2

…..Menit

  1. Menyebutkan contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.

C1

…..Menit

9.2    Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati

C2

  1. Menjelaskan macam-macam hukum bacaan nun mati/tanwin.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mim mati.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan perbedaan antara hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.

C2

…..Menit

9.3    Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.

C3

  1. Mencari hukum bacaan nun mati/tanwin dalam QS. al-Qadar.

C2

…..Menit

 
  1. Membaca ayat-ayat dalam QS. al-Qadar yang mengandung bacaan nun mati/tanwin dengan benar.

C1

…..Menit

  1. Mencari hukum bacaan mim mati dalam QS. al-Fil.

C2

…..Menit

  1. Membaca ayat-ayat dalam QS. al-Fil yang mengandung bacaan mim mati dengan benar.

C1

…..Menit

Aqidah

10. Meningkatkan keimanan

kepada Malaikat

10.1  Menjelaskan arti beriman kepada   Malaikat

C2

  • Menjelaskan pengertian malaikat Allah.

C2

Iman kepada Malaikat Allah

…..Menit

  • Menyebutkan dalil naqli dan aqli tentang malaikat Allah.

C1

…..Menit

  • Menjelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan, dan iblis.

C2

…..Menit

  • Menjelaskan arti beriman kepada malaikat Allah.

C2

…..Menit

10.2   Menjelaskan tugas-tugas Malaikat

C2

  • Menjelaskan jumlah dan nama-nama malaikat Allah.

C2

…..Menit

  • Menjelaskan tugas-tugas malaikat Allah.

C2

…..Menit

  • Menjelaskan keterkaitan tugas malaikat Allah dengan perbuatan manusia.

C2

…..Menit

Akhlak

11. Membiasakan perilaku terpuji

 

11.1    Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet dan teliti

C2

  1. Menjelaskan arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya.

C2

Perilaku terpuji (kerja keras, tekun, ulet, dan teliti)

…..Menit

  1. Menjelaskan arti tekun dan menunjukkan dalilnya.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan arti ulet dan menunjukkan dalilnya.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan arti teliti dan menunjukkan dalilnya.

C2

…..Menit

11.2    Menampilkan contoh perilaku kerja keras,  tekun, ulet, dan teliti

C3

  1. Menyebutkan contoh-contoh perilaku kerja keras.

C1

…..Menit

  1. Menyebutkan contoh-contoh perilaku tekun.

C1

…..Menit

  1. Menyebutkan contoh-contoh perilaku ulet.

C1

…..Menit

  1. Menyebutkan contoh-contoh perilaku teliti.

C1

…..Menit

11.3    Membiasakan perilaku kerja keras,  ulet, tekun an teliti

C3

  1. Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan keluarga.

C3

…..Menit

 
  1. Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan sekolah.

C3

…..Menit

  1. Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan masyarakat.

C3

…..Menit

Fiqih

12.   Memahami tatacara    shalat Jum’at

12.1Menjelaskan ketentuan – ketentuan shalat  jum’at

C2

  1. Menjelaskan pengertian shalat Jum’at dan dasar hukumnya.

C2

Shalat Jum’at

…..Menit

  1. Menjelaskan syarat mendirikan shalat Jum’at.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan perbuatan sunnah yang terkait dengan shalat Jum’at.

C2

…..Menit

  1. Menyebutkan beberapa halangan melaksanakan shalat Jum’at.

C1

…..Menit

12.2Mempraktekkan shalat jum’at

C3

  1. Menyebutkan beberapa persiapan untuk melaksanakan shalat Jum’at.

C1

…..Menit

  1. Menjelaskan tatacara shalat Jum’at.

C2

…..Menit

  1. Mempraktikkan shalat Jum’at di sekolah dan di masjid.

C3

…..Menit

13.   Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar 12.3Menjelaskan shalat jama’ dan qashar

C2

1)   Menjelaskan pengertian shalat jama’ dan dasar hukumnya.

C2

Shalat Jama’ dan Qashar

…..Menit

2)   Menjelaskan pengertian shalat qashar dan dasar hukumnya.

C2

…..Menit

3)   Menjelaskan syarat-syarat melaksanakan shalat jama’ dan qashar.

C2

…..Menit

4)   Menyebutkan macam-macam shalat yang bisa di jama’ dan diqashar.

C1

…..Menit

12.4Mempraktekkan shalat jama’ dan qashar

C3

  1. Menjelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan shalat jama’.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan tatacara shalat jama’ dan qashar.

C2

…..Menit

  1. Mempraktikkan shalat jama’ dan qashar di sekolah.

C3

…..Menit

14.   Memahami sejarah Nabi

Muhammad SAW

14.1Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW   untuk menyempurnakan akhlak,     membangun manusia mulia dan bermanfaat

C2

1)   Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. untuk menyempurnakan akhlak mulia.

C2

Sejarah Nabi Muhammad Saw.

…..Menit

2)   Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. untuk membangun manusia yang mulia dan bermanfaat.

C2

…..Menit

14.2Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW  sebagai rahmat bagi alam semesta,  pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat

C2

  1. Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta.

C2

…..Menit

  1. Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.

C2

…..Menit

14.3Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah

C3

  1. Menceritakan perjuangan Nabi Muhammad Saw. dalam menghadapi masyarakat Makkah.

C2

…..Menit

  1. Menceritakan perjuangan para sahabat Nabi Muhammad Saw. dalam menghadapi masyarakat Makkah.

C2

…..Menit

  1. Meneladani perilaku Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

C3

…..Menit

Ruang Lingkup :

  1. Al Qur’an Hadits
  2. Aqidah
  3. Akhlak
  4. Fiqih
  5. Tarikh Islam
About these ads
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s